PERTH (Polytechnic’s Event and Technopreneurship Recognition) dan Seminar National 2012

Anggota DRM SMAN 10 Malang mendapat kesempatan untuk menghadiri acara final PERTH (Polytechnic’s Event and Technopreneurship Recognition) dan Seminar Nasional 2012 yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Kesehatan (POLTEKES) Malang. Acara final berlangsung di auditorium POLTEKES Malang, Sabtu (3/11). Sedangkan Seminar Nasional berlangsung di RSU dr. Syaiful Anwar, Minggu (4/11).

Setelah pulang dari community service, kami, Galih Ramadhana Suwito, Fenni Asista Nihaya, Sony Surya Wijaya, dan Rendi Julianto segera berangkat menuju POLTEKES Malang. Kami mendapat reward untuk menjadi asisten juri pada final PERTH. Di penghujung acara, kami sharing mengenai DRM dan prestasi-prestasi yang telah diraih SMAN 10 Malang melalui DRM. Mereka sangat terkesan, bahkan ingin bergabung dalam organisasi ini.

Sebelumnya kami hanya diundang untuk menghadiri acara final PERTH, tapi ternyata di sana kami mendapat tiket gratis untuk menghadiri Seminar Nasional di hari selanjutnya. Pengumuman pemenang pun dilaksanakan pada hari Minggu (4/11) bersamaan dengan Seminar Nasional. Surat Tugas yang kami dapat hanya untuk menghadiri final PERTH, sedangkan Seminar Nasional tidak tercantum. Sehingga sekolah tidak menyediakan transportasi untuk hari berikutnya.

Seminar Nasional ini membahas tentang technopreneurship, khususnya mengenai peran technopreneurship dalam pemecahan permasalahan kesehatan. Ada tiga pemateri, yang pertama adalah dr.Sri Sunarti,Sp.PD dari RSU dr. Syaiful Anwar dengan Subtema “Permasalahan Kesehatan sebagai Peluang Inovasi”, kemudian Dr. Edi Sukur, M.Eng dari MITI dengan Subtema “Aplikasi Inovasi di Bidang Kesehatan”, yang terakhir adalah Nana Suryana dari INOTEK dengan Subtema “Pengembangan Technopreunership”

Acara berakhir setelah diumumkannya pemenang dari acara PERTH. Juara pertama diraih oleh mahasiswi dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dengan judul karya “Aplikasi SecureE- Hospital dengan Metode Blowfish Menggunakan Teknologi Cloud Computing”. Juara dua diraih oleh mahasiswa dari POLTEKES Malang dengan judul karya “Penggunaan Prototipe Sistem Manajemen Asuhan Keperawatan Digital Berbasis Integrasi Kode Batang (Barcode) dan Perangkat Lunak (Software)”. Sedangkan juara tiga diaraih oleh mahasiswi dari Politeknik Negeri Jakarta dengan judul karya “Alih Pemanfaatan Kulit ari Kedelai (Glycine Max) Sebagai Soya Snack Berprotein Tinggi dalam Membantu Mengatasi Permasalahan Gizi Kurang Serta Peluang Bisnis yang Menjanjikan”.

Acara tersebut memberikan banyak pengetahuan baru bagi kami dan dapat mendorong kami untuk terus berinovasi.  (fey)

PERTH 2012
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published.