(22/05) Peringatan Hari Kebangkitan Nasional di SMA Negeri 10 Malang diselenggarakan pada pagi ini dengan upacara bendera yang diikuti seluruh peserta didik kelas X dan XI, beserta seluruh guru SMA Negeri 10 Malang. Dilaksanakan di lapangan basket yang dimulai pukul 06.45-07.30 WIB.

Dengan mengusung tema “Semangat Untuk Bangkit!” sebagai peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-115 menjadikan tonggak sejarah adanya kebangkitan nasional sejak seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai bangsa mulai menyala. Dengan meleburnya berbagai sifat kedaerahan yang menjadi satu keutuhan dengan didirikannya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908. Dengan penuh gagap gempita bergerak mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi negara yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Ibu Endang Setyoningsih, S.Pd. sebagai pembina upacara hari ini menyampaikan amanat berdasarkan teks sambutan Menteri Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia Peringatan Ke-115 Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2023 yang berisikan flashback tentang seratus lima belas tahun lalu dimulainya persatuan yang membara oleh rakyat Indonesia dibuktikan dengan hilangnya sifat kedaerahan, didirikannya Boedi Oetomo, didirikannya STOVIA (School tot Opleiding van Indische Arisen) dengan tujuan memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat dimata dunia. Yang dijadikan sebagai pemantik bagi kekuatan dimasa yang akan datang, diharapkan dengan adanya semangat juang untuk melakukan suatu perubahan yang lebih baik dan maju perjuangan harus tetap dilakukan dengan tetap rapat, erat, dan terus bergerak mengobarkan api “Semangat Untuk Bangkit!” demi mewujudkan Indonesia Emas 2045. Karena mengingat selama 3 tahun terakhir ditengah tantangan yang telah dihadapi dengan barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi COVID-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa yang bisa dijadikan momentum sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pascapandemi. Tak lupa untuk saling bahu-membahu berkolaborasi dari berbagai tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia.

Tentunya sangat diharapkan agar pencapaian ini terus dipertahankan dan terus ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia. Indonesia yang telah ikut serta dalam kiprah diberbagai forum internasional seperti contohnya yakni G20 yang mengharumkan nama Ibu Pertiwi. Dengan semangat yang sama mengajak seluruh komponen untuk mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional dengan kerja keras, kerja cerdas juga kerja sama yang dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi generasi penerus bangsa kelak. (nad)

Semangat Untuk Bangkit, Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *