(16/3) Selama tiga hari seluruh siswa kelas XII melaksanakan Ujian Praktik atau anak-anak lebih suka menyebut dengan kata “Uprak”. Ujian ini adalah bagian rangkaian akhir siswa kelas XII menuju Ujian Nasional Berbasis Komputer pada bulan April. Mata pelajaran MIPA yang diujikan adalah Fisika, Biologi, dan Kimia.

Ujian Praktik Biologi

Peserta ujian praktik harus hadir di laboratorium 15 menit sebelum pelaksanaan, disamping itu para siswa peserta ujian juga Wajib mengenakan jas lab sebagai standar penggunaan laboratorium.  Dalam sehari masing-masing ada 3 sesi, yakni pukul 07.00, 09.30, dan 12.30 dan berakhir pukul 14.30. Setiap kelas dibagi 2 sesi yaitu nomor urut 1 – 18 dan sesi berikut nomor urut 19 sampai nomor absen terakhir, masing-masing sesi peserta ujian praktik diberi waktu selama kurang lebih 120 menit lamanya.

Setiap peserta ujian harus memenuhi nilai KKM atau nilai minimal 80 untuk bisa lulus ujian praktik tersebut. Unsur penilaiannya berdasar proses kerja dan laporan yang sudah dikerjakan.

Ujian Praktik Fisika

Ujian praktik Biologi ada beberapa materi yang diujikan, yaitu : Uji Makanan, Enzim Katalase, Fotosintesis, Difusi Osmosis, Plasmolisis, Keanekaragaman Hayati, dan Respirasi. Ujian Praktik MIPA masing-masing siswa peserta ujian diberikan kebebasan untuk memilih salah satu materi yang diujikan, jadi tidak semua materi tersebut peserta ujian mengambilnya. Guru penguji untuk Biologi adalah Bu Sri Ledjariati dan Bu Ellen Landriany.

Sedangkan untuk ujian praktik Kimia ada beberapa pilihan materi yang diujikan, diantaranya Daya Desak Logam, Elektrolisis Larutan Na2SO4 dengan elektrode karbon hingga materi uji mengukur pH Larutan Basa dan Larutan Tak Dikenal. Bu Niluh dan Pak Putet sebagai guru penguji pada ujian praktik Kimia ini.

Ujian Praktik Kimia

Ujian Praktik Fisika terdiri dari materi Massa Jenis, GMB, GJB, Ayunan Sederhana Bandul, Ayunan Sederhana Pegas. Pak Hariyanto sebagai guru penuji pada ujian praktik Fisika. Poin penilaiannya antara lain tentang Uraian Materi, Alat dan Bahan, Data, Analisis, hingga pada penilaian masing-masing peserta ujian membuat kesimpulan pada laporan ujian praktiknya dengan total nilai 100 (seratus).

Uprak MIPA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *