Isra’ Mi’raj merupakan peristiwa penting dan penuh makna bagi umat Islam. Peristiwa ini diperingati sebagai perjalanan suci Rasulullah dinaikkan menuju langit ketujuh dan menerima perintah salat sekaligus sebagai tanda kekuasaan Allah SWT. Setiap tahunnya, SMA Negeri 10 Malang rutin menggelar acara untuk memperingati Isra’ Mi’raj bersama. Namun adanya wabah pandemi Covid-19 menjadikan peringatan Isra’ Mi’raj kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Tak menyurutkan semangat dalam memaknai peristiwa Isra’ Mi’raj, panitia Badan Dakwah Islam (BDI) mengadakan acara virtual menggunakan media aplikasi Zoom pada Kamis, 18 Maret 2021. Acara ini dihadiri oleh seluruh warga SMA Negeri 10 Malang dan mengundang Ustadz Masykur sebagai pemateri tausiah. Terdapat lima susunan acara yang akan dilakukan pada kegiatan ini. Acara pertama merupakan sambutan pembuka dari pembawa acara BDI, diikuti lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an. Selanjutnya acara kedua merupakan sambutan rasa syukur dan terima kasih dari ketua BDI, Syahrizal. Ketua OSIS, Syafiuddin juga tak ketinggalan memberikan sambutan terima kasihnya pada acara ketiga.

Tibalah untuk ustadz Masykur memberi materi tauziah mengenai ‘Keistimewaan Salat’. Bagaimana peristiwa Isra’ Mi’raj memiliki ikatan dan hubungan erat antara Allah SWT dengan makhluk ciptaannya melalui perintah salat lima waktu. Dalam kehidupan keseharian, kita juga tak luput dari kewajiban salat sebagai wujud ketakwaan. 

Lalu acara terakhir dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba yang diadakan dalam rangka perayaan Isra Miraj. Lomba-lomba ini diikuti siswa-siswi kelas X dan XI dan dimeriahkan dengan pembagian hadiah bagi pemenang lomba. Kegiatan Isra Miraj ditutup dengan ceramah santai dari Syahrizal dengan harapan kita semua mendapat hikmah dari perayaan ini. (gya)

Isra’ Mi’raj di Tengah Pandemi Corona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *