(1/5) Hari Kartini yang setiap tahun jatuh pada tanggal 21 April ini diperingati dalam rangka hari lahir Ibu Kartini, yang dikenal sebagai seorang pahlawan nasional yang memperjuangkan hak-hak dan suara wanita. Biasanya dirayakan dengan cara memakai baju adat atau pakaian kebaya untuk perempuan, dan batik untuk laki-laki. Biasanya pula peringatan ini dimulai dengan melaksanakan apel pagi dan dilanjutkan parade keliling mengenakan baju adat.

Namun, pada tahun 2021 ini, Hari Kartini dirayakan sedikit berbeda. Tahun ini mungkin tidak dirayakan dengan rangkaian acara yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2021 ini, SMAN 10 Malang ikut meramaikan Hari Kartini dengan cara mengadakan beberapa topik lomba. Proses pembuatan karya pun dilakukan dari rumah, dan tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Lomba tersebut diantaranya adalah lomba pidato, lomba menulis essay, lomba kreativitas daur ulang sampah, lomba tiktok, dan lomba fotografi. Lomba ini diikuti oleh semua kelas dan masing-masing dari lomba tersebut, diambil 3 pemenang.

Salah satunya adalah lomba pidato yang juara 1-nya diraih oleh Theofillia Saras yang mengambil tema Born To Be A Wonderful Woman, atau yang dalam Bahasa Indonesia berarti Lahir Untuk Menjadi Seorang Wanita Luar Biasa. Ini menandakan bahwa Kartini Masa Kini dapat berkarya dari rumah sama baiknya seperti berkarya yang langsung terjun ke lapangan.

Karena sesungguhnya, Kartini bukan hanya satu orang yang memiliki lengkap Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat, melainkan adalah seluruh wanita hebat yang memperjuangkan mimpinya dan mampu beradaptasi dan melahirkan karya dimana saja.

Dengan semangat Raden Ajeng Kartini yang mengalir di darah wanita Indonesia, mari kita mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19, menuju generasi yang cerdas, sehat, dan cemerlang. (ymg)

Kartini Masa Kini: Berani Berkarya dari Rumah di Kala Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *