welche kryptowährung steigt elongate krypto kaufen cryptocurrency market making bot software trading cryptocurrency

(26/5) Pelatihan Menulis Kreatif “Sehari Menulis” yang diselenggarakan di SMAN 10 Malang, pada tanggal 21 Mei 2021, terbagi menjadi 2 kelas. Adalah kelas pertama, yaitu Kelas Umum, yang di dalamnya membahas beberapa hal yang berkaitan dengan cerpen, puisi, dan kiat-kiat menulisnya. Kemudian kelas kedua, adalah Kelas Jurnalistik, yang didalamnya membahas seputar dunia Jurnalistik, khususnya Jurnalistik Televisi.

Kelas Umum diisi oleh Bu Fatimah yang merupakan seorang guru Bahasa Indonesia di SMK Batu, sekaligus penulis novel, cerpen, dan puisi tingkat nasional. Kelas ini dihadiri kurang lebih 10 orang yang terdiri dari perwakilan OSIS dan perwakilan murid per kelas. Di akhir acara, kelas cerpen ini mempersilahkan peserta seminar untuk menuangkan ilmu yang baru saja mereka dapat dengan cara membuat karya tulis, diantaranya boleh berupa cerpen, puisi, dalam durasi kurang lebih 30 menit.

Sedangkan kelas Jurnalistik diisi oleh Pak Arif, yang merupakan salah seorang jurnalis Televisi senior di ATV Batu. Kelas Jurnalistik dihadiri oleh 8 orang siswa, yang mana 4 diantaranya adalah siswa-siswi yang ekskul jurnalistik, sedangkan sisanya merupakan perwakilan pengurus OSIS dan perwakilan siswa per kelas.

Menariknya, kelas yang diisi oleh Pak Arif ini, tidak hanya membahas dunia jurnalistik dan tulis menulis saja. Beliau menyuguhkan peserta pelatihan dengan menekankan sharing pengalaman. Beliau memancing peserta dengan pertanyaan non-retoris yang membuat audiens tidak hanya menanggapi dengan satu-dua kata, melainkan satu atau lebih kalimat.

Kelas ini juga tidak mewajibkan peserta membuat karya tulis, hanya saja tetap ada evaluasi dari Waka Kesiswaan terkait kegiatan pelatihan. Di akhir acara, Pak Arif juga Bu Fatimah berharap semoga melalui pelatihan ini, mampu membangkitkan semangat menulis dan membaca karena generasi muda saat ini cenderung berfokus pada gawai mereka. Pak Arif juga berpesan, sebagai generasi muda yang berilmu, kita harus pandai-pandai mengolah informasi yang seliweran di jagat maya dengan sebijak mungkin.

Salam literasi! (ymg)

Pelatihan Menulis Kreatif Bantu Tumbuhkan Minat Menulis Siswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *