(24/9) SMAN 10 Malang kembali menyelenggarakan kegiatan keputrian yang rutin dilaksanakan pada hari jum’at setiap pekannya. Keputrianan kali ini mengambil tema “Menjaga Fitrah Cinta Sebagai Ibadah” dengan pemateri Ibu Riris salah satu guru di SMAN 10 MALANG melalui Zoom Meeting.

Materi yang disampaikan kali ini berhubungan dengan cinta. “Apa sih cinta itu?”, tanya Bu Riris pada para peserta keputrian, ada yang menjawab cinta itu perasaan suka kepada seeorang, ada yang menjawab rasa sayang dan banyak lagi. Allah memberikan 3 naluri atau bisa disebut Gharizah  kepada kita yang pertama ada Gharizah Tadayyun yaitu naluri beragama, yang kedua ada Gharizah Baqa’ yaitu naluri mempertahankan diri, dan yang terakhir adalah Gharizah Nau’ yaitu naluri kasih sayang dan mencintai. “ Allah memberi kita naluri mencintai karena Allah mempunyai sifat al – Waduud yang artinya Maha Cinta,” terang Bu Riris

Menurut Al – Ghazali kualitas cinta memiliki 4 peringkat, yang pertama adalah cinta diri yaitu cinta yang diukur dari kesenangan diri sendiri, yang kedua adalah cinta transaksional yaitu merasa cinta sepanjang memperoleh kebaikan dari yang dicintai, yang ketiga adalah cinta orang lain, rela berkorban meski tidak memperoleh keuntungan langsung, dan yang terakhir ada cinta pada kebaikan.

Namun ada yang memiliki kualitas paling tinggi yaitu cinta Rabi’ah al – ‘Adawiyah. Ketika Rabi’ah ditanya apakah ia membenci setan, ia menjawab bahwa cintanya kepada Tuhan tidak memberi tempat di dalam hatinya untuk membenci kepada siapapun. Allah SWT menciptakan rasa cinta jelas disertai dengan aturan bagaimana menyalurkan dan mengendalikan rasa tersebut dengan begitu, mari pelihara cinta kita kepada “ Sang Maha Cinta “ agar kita mendapatkan cinta yang membawa kita kepada keberkahan.(din)

Keputrian : Menjaga Fitrah Cinta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *