(16/4) Demo Peluncuran Roket Air adalah kegiatan pertunjukan peluncuran roket air yang merupakan sebuah implementasi dalam mata pelajaran Fisika yang mencakup pada materi Hukum Newton III, Kekekalan Energi Mekanik, dan Hukum Pascal. Kegiatan demo roket air kali ini diikuti oleh seluruh peseta didik kelas X MIPA, Yang diselenggarakan oleh guru pengajar mata pelajaran  Fisika  di SMA Negeri 10 Malang.  Dilakasanakan pada hari Sabtu,16 April 2022 pada pukul 07.00 – 11.00 WIB. Yang bertujuan untuk memberikan ruang dan waktu kepada peserta didik untuk dapat lebih mengembangkan potensi diri dan kreativitas dalam berpikir.

Sebelum dilaksanakannya kegiatan ini, guru pengajar mata pelajaran  Fisika sudah terlebih dahulu  memberikan surat perizinan untuk wali murid peserta didik yang tentunya sudah seijin oleh Kepala Sekolah. Juga angket persetujuan yang nantinya akan secara resmi berisi perizinan dari orang tua untuk mengikuti kegiatan ini. 

Kegiatan ini diawali dengan apel yang dipimpin oleh guru pengajar yang tentunya untuk memberikan informasi terkait kegiatan yang akan dilakukan. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan persiapan yang dilakukan oleh masing-masing kelompok sebelum dimulainya demo roket air tersebut. Dalam pelaksanaanya demo roket air kali ini dibagi menjadi beberapa sesi yang diisi oleh beberapa kelompok secara bertahap. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tertib sesuai dengan apa yang telah di rencanakan sebelumnya.

Sebelum diakhirinya kegiatan demo roket air ini, guru pengajar terlebih dahulu mengecek tentang kesiapan data yang diperoleh dari hasil peluncuran roket air oleh masing masing kelompok, kemudian adanya penjelasan terkait sistematika laporan yang akan dibuat dan juga pengecekan akhir untuk presensi masing masing peserta didik.

Kegiatan ini tentunya sangat memberikan pengalaman dan pembelajaran baru bagi masing masing peserta didik untuk lebih memahami tentang praktik dalam pembelajaran Fisika khususnya mengenai materi yang berkaitan dengan peluncuran roket air. (red)

Rocket Exhibition 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *