(2/5) Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) adalah hari nasional yang ditetapkan pemerintah untuk merayakan kelahiran Ki Hajar Dewantara sebagai pelopor pendidikan di Indonesia. Hardiknas sendiri dirayakan hampir di seluruh sekolah di Indonesia begitu juga di SMA Negeri 10 Malang. Hari ini SMA Negeri 10 Malang memperingati Hardiknas dengan mengadakan upacara di lapangan basket SMA Negeri 10 Malang. Berbeda dengan upacara Hardiknas tahun sebelumnya, upacara kali ini seluruh peserta mengenakan pakaian adat nasional, utamanya peserta putri mengenakan baju kebaya.

Upacara dimulai dengan penghormatan kepada pembina upacara dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih oleh pasukan pengibar bendera (PASKIBRA) yang diiringi oleh lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh paduan suara SMA Negeri 10 Malang. Kegiatan selanjutnya adalah mengheningkan cipta yang diikuti oleh seluruh peserta didik. Setelah mengheningkan cipta dilanjutkan dengan amanat yang disampaikan oleh Dr. Sasongko, S.Pd., M.M. selaku kepala sekolah SMA Negeri 10 Malang. Dalam amanatnya beliau menyampaikan pidato dari menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. Dalam amanatnya beliau menjelaskan bahwa hadirnya kurikulum merdeka membuat para murid bisa belajar secara tenang “Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri” ujar beliau dalam amanatnya.

Diakhir amanat beliau memberi semangat pada para guru agar dapat mendidik para murid agar dapat menjadi penerus bangsa yang cerdas dan berkarakter “Mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar,  mendidik generasi pelajar pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan memerdekakan” ujarnya diakhir amanat

Setelah menyampaikan amanat, upacara dilanjutkan dengan pembacaan do’a yang dibacakan oleh anggota paskibra dari kelas sepuluh. Upacara ditutup dengan acara halalbihalal oleh siswa-siswi kepada para guru dan staff SMA Negeri 10 Malang. (yah)

Hardiknas 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *