Juara I Lomba Business Plan

Rombongan dari SMAN 10 Malang meluncur ke tempat lomba menggunakan angkotan kota. Keperluan-keperluan presentasi kami bawa. Semangat untuk menampilkan yang terbaik berkobar di benak perwakilan SMAN 10 Malang ini. Sesampainya di tempat lomba SMAN 2 Malang, mereka disambut oleh para panitia dengan diminta untuk mengisi daftar hadir peserta. 2 tim dari SMAN 10 Malang mendapat urutan tampil yang ke-2 dan ke-7. Tim DeVegan langsung bersiap untuk mempresentasikan proposal mereka.  Perasaan agak lega menghiasi hati tim E-Shoes 2in1.

Tim DeVegan mulai beraksi dengan kentrung yang dimainkan Rengga untuk membuka presentasi dan sebagai nada yang mengiringi permberian sample produk dari DeVegan. Dilanjutkan dengan presentasi dan pertanyaan dari pihak juri dan peserta lain. Tim DeVegan yang beranggotakan Renggalis Mayong Kusuma, Novi Eka , Firdha Aksari Anindhyta, Mia Yuli Setiani ini tetap mempertahankan pendapat dan renacana bisnis mereka walau juri memberi sanggahan-sanggahan terhadap rencana mereka untuk membuka depot yang memberikan menu-menu makanan vegetarian.

Tiba saatnya, tepatnya setelah ISHOMA, tim E-Shoe2in1 yang beranggotakan Yusman Ahmad Nur(X-3), Ellyza Rachmawati(X-3), dan Anisa Naziha(X-3) untuk mempresentasikan proposal bisnisnya. Dengan kronologi yang sama dengan kelompok yang lain, setelah mempresentasikan, mereka diberi pertanyaan oleh para juri dan peserta yang lain. Mereka menjawab pertanyaan itu sesuai dengan rencana bisnis yang ingin mereka jalankan. E-Shoes 2in1 produk mereka ini adalah sepatu dengan inovasi baru yang sumber bahan bakunya didapat dari recycle sampah plastik. Sepatu inovasi baru ini ditambah dengan resleting dibagian sol sepatunya. Bila resleting tersebut dibuka, sepatu itu akan menjadi sandal. Pihak juri mneyarankan kepada tim E-Shoes 2in1 untuk segera mematenkan inivasi baru ini. Semoga pematenan inovasi naru ini berjalan lancar. Amin.

Keesokan harinya, mereka harus mengikuti basar yang memamerkan produk mereka kepada para panitia, siswa-siswi SMAN 2 Malang. Bazar ini masuk dalam kriteria penilaian sebesar 10% dengan 90% dari nilai diambil dari nilai presentasi. Tim E-Shoes2in1 mengikuti bazaar dengan dekorasi-dekorasi menggunakan barang-berang bekas seperti Koran, kardus dan tas kresek. Walau dari barang-barang bekas, hasil dekorasi untuk bazar terlihat indah dan pas bila disejajarkan dengan stand bazar dari tim lain. Tim DeVegan tidak membuka stand mereka karena ada kendala untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Pada akhir acara, tibalah saat pengumuman, saat yang paling ditunggu-tunggu oleh para peserta. Hasilnya menyatakan bahwa tim E-Shoes2in1 menjadi juara I dilanjutkan tim dari Fresh Herbal Drink dari SMKN 1 Malang, dan juara III diraih oleh tim tuan rumah dengan judul proposalnya Abon Tongkoro.

“Alkhamdulillah…tidak sia-sia kami tidak tidur untuk mempersiapkan proposal, presentasi dan persiapan untuk bazar selama ini.” ujar Yusman siswa asal Ponorogo ini.

Mereka sangat gembira mengetahui bahwa tim mereka lah yang akhirnya membawa pulang tropi juara I, walau awalnya mereka sempat merasa pesimis mengetahui bahwa hanya tim mereka yang terdiri dari siswa-siswi kelas X, sedangkan tim lain  yang rata-rata terdiri dari siswa-siswi kelas XI dan XII.

Juara I Lomba Business Plan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *