Sahabat Hijau 2011

Merambat lurus cahaya kuning mentari di sela dedaunan rindang pohon-pohon yang tunbuh besar di lapang Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan. Laskar-laskar lingkungan memulai lagi aksinya. Jum’at, 15 Juli 2011 menjadi saksi, aksi nyata mereka untuk lingkungan. Mereka tergabung dalam Kemah Hijau 2011. Beranggotakan peserta dari seluruh Jawa Timur, yang meliputi pelajar SMP dan SMA semakin memeriahkan acara ini.

Kemah Hijau diadakan dalam rangka memperingti Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2011 yang bertemakan “Hutan Sumber Penghidupan”. Kemah ini diadakan empat hari tiga malam, sampai dengan tanggal 18 Juli 2011. SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) mengirimkan tiga perwakilan, yaitu Gasyudha, Pasoari W, dan Yusa Nikmat T, beserta Ibu Dra. Farida sebagai pendamping.

Acara ini benar-benar menjadi ajang untuk meningkatkan kecintaan kita terhadap lingkungan. Sistem yang diadakan pada kemah hujau kali ini adalah olympiade lingkungan hidup. Para peserta memperebutkan 89 trophy dari 9 sesi perlombaan, artikel dan photo of the day, serta eco school exibition. Dalam setiap kompetisi ini, akan dipilih tiga peserta terbaik dari SMP dan tiga peserta terbaik dari SMA, yang akan mendapatkan trophy emas, perak, dan perunggu sesuai dengan peringkatnya.

Kunjungan-Pak-De-Karwo-Gubernur-Jatim-ke-Stand-Pameran-SMAN-10-Malang-Sampoerna-Academy-300x224

Dengan didampingi oleh kakak-kakak dari Tunas Hijau, semarak acara ini semakin terasa. Mereka membimbing para peserta untuk benar-benar menjadi generasi muda yang peduli dan berbudaya lingkungan. Tak bosan-bosan, berbagai film-film berbasis lingkungan dan kerusakan alam, menjadi renungan harian para peserta. Tak heran, selama berlangsungnya kemah hijau para peserta bagaikan malaikat-malaikat lingkungan.

Tak hanya itu, pada hari kedua SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) juga mengirimkan tiga perwakilan untuk lomba daur ulang, yaitu Ricky Sudiarto, Rofifah Y, dan Zikky Jiwatama. Namun sayangnya, SMAN 10 Malang(Sampoena Academy) belum bisa meraih juara. Serta satu perwakilan untuk lomba poster yaitu Ardhi yang berhasil mendapat juara favorit.

Hari ketiga, merupakan puncak acara peringatan Hari Lingkungan Hidup ini. Kehadiran Bapak Gubernur Jawa Timur, beserta para pejabat lainnya menambah antusias peserta. Hari ini, merupakan penobatan secara resmi dari provinsi Jawa Timur untuk sekolah adiwiyata, Kalpataru, Adipura, serta penghargaan lingkungan lainnya. Pada tahun ini pula SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) berhasil menobatkan diri sebagai sekolah Adiwiytata Mandiri.

Tim-Kemah-Hijau-SMAN-10-Malang-Pasoari-Gasyudha-Yusa-berjilbab-300x224

Suatu kebanggaan, SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) berhasil membawa pulang lima trophy emas, satu trophy perak, dan dua trophy perungggu, serta trophy juara 1 umum sebagai sekolah terbaik berbudaya lingkungan tahun 2011. Progran ini adalah program berkelanjutan, untuk terus merealisasikan kecintaan kita terhadap lingkungan. Oleh sebab itu, kita sebagai generasi muda hendaknya menyadari, pentingnya peran lingkungan untuk keberlangsungan hidup kita. Ayo singsingkan lengan bersama, berikan perubahan untuk alam. Jangan biarkan ibu pertiwi menangis. Kenali, cintai, hijaulah Indonesia.

Kemah Hijau 2011 – Kebun Raya Purwodadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *