(18/7) Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara resmi dibuka oleh Bapak Kepala Sekolah Dr. Sasongko, S.Pd., M.M. sejak hari Senin tanggal 18 Juli hingga hari Rabu tanggal 20 Juli 2022. MPLS diikuti oleh seluruh siswa kelas baru yang terbagi ke dalam 10 ruang kelas, untuk nama-nama kelas selama pelaksanaan MPLS ini menggunakan nama pahlawan nasional seperti Imam Bonjol, Moch. Hatta, Pangeran Diponegoro, Pattimura, Ir. Soekarno, Sultan Agung, Jenderal Soedirman, Ki Hadjar Dewantara, HOS Tjokroaminoto, dan Sultan Hasanuddin.

Upacara pembukaan MPLS selain Bapak Kepala Sekolah yang meresmikan juga dihadiri oleh seluruh Bapak/Ibu Guru Pengajar dan Tenaga Kependidikan SMAN 10 Malang. Upacara atau apel pembukaan ini hanya diikuti oleh seluruh siswa kelas X, sedangkan siswa kelas XI dan XII masuk sekolah mulai pukul 08.00 WIB.

Selama tiga hari, banyak materi yang diberikan kepada siswa baru, yakni presentasi tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Wawasan Wiyata Mandala, Profil SMAN 10 Malang, Profil Pelajar Pancasila, Program Kesiswaan pada hari pertama MPLS, sedangkan pada hari kedua terdapat materi Pengenalan Budaya Positif Sekolah, Etika Berkomunikasi dan Tata Krama, Cara Belajaar Efektif dan Budaya Literasi dan terakhir adalah materi Peraturan Akademik dan Tata Tertib Sekolah.

Sedangkan pada MPLS hari terakhir diberikan materi tentang Bullying dari Yayasan Create, dilanjutkan dengan materi Motivasi Pengembangan Karakter Siswa untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, materi berikutnya adalah Sosialisasi Program Kerja Pengurus OSIS/MPK Periode 2021/2022.

Kegiatan MPLS ini diharapkan agar seluruh siswa baru lebih mengenal SMAN 10 Malang dengan berbagai program dan warga sekolahnya sehingga terjalin komunikasi yang baik dalam kegiatan Proses Belajar Mengajar di sekolah.

Apel penutupan MPLS dipimpin oleh Bapak Nur Ali Akhmad selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan yang ditandai dengan pelepasan atribut atau tanda identitas dari perwakilan siswa di tengah lapangan. (red)

MPLS 2022/2023

Leave a Reply

Your email address will not be published.