(20/5) Jumat, tanggal 20 Mei 2022 yang bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2022, SMA Negeri 10 Malang menggelar proses pemilihan calon wakil kepala sekolah periode 2022 – 2024 di ruang aula utama dengan dihadiri oleh 73 orang mulai dari Kepala Sekolah, Guru, dan staff/Karyawan yang memiliki hak suara.

Proses pemungutan suara berjalan dalam dua tahap yakni tahap pertama memilih dari 26 orang guru PNS yang sudah memenuhi persyaratan, salah syaratnya adalah guru PNS tersebut telah menjadi PNS sekurang-kurangnya selam 3 tahun. Pemungutan suara tahap pertama ini untuk menemukan 8 orang calon wakil kepala sekolah dengan suara terbanyak. Setelah itu berlanjut ke tahap kedua yakni memilih 4 orang calon yang mendapatkan suara terbanyak.

Agenda pemilihan calon wakil kepala sekolah adalah program kerja dari UPM (Unit Penjamin Mutu) yang diketuai oleh Pak David, S.Pd., M.Pd. yang beranggotakan Bu Niluh Kurniasari dan Bu Sri Wahyuni, dikarenakan pada tahap kedua ini Pak David dan Bu Niluh masuk ke dalam 8 besar calon kuat wakil kepala sekolah, maka untuk menjaga dan menjunjung tinggi asas demokrasi, selanjutnya jalannya acara diserahkan kepada para guru-guru muda yang notabene baru saja diangkat sebagai guru PPPK dengan Pak Agus Eko sebagai MC yang sebelumnya oleh Bu Niluh.

Kepala Sekolah dalam pemilihan calon wakil kepala sekolah ini menggunakan hak prerogatifnya yakni menggunakan hak 10 persen suara dari total jumlah pemilih yang hadir, yaitu memiliki masing-masing 7 suara yang akan diberikan kepada 4 orang calon wakil kepala sekolah diantara 8 orang tersebut. Tujuh suara akan dibacakan sebelum proses pemungutan suara tahap 2 dimulai.

Pemilih menuliskan 4 nama orang calon wakil kepala sekolah di bilik suara

Dari proses pemilihan tahap 2 ini didapatkanlah empat orang calon wakil kepala sekolah yang memiliki perolehan suara terbanyak diantaranya Pak Nur Ali Akhmad, Bu Wahyu Nuryani, Bu Faridah, dan Bu Niluh, akan tetapi meski sudah memiliki atau masuk ke dalam empat besar perolehan suara, hal itu tidak langsung dilantik atau ditetapkan menjadi wakil kepala sekolah, dalam sambutannya Bapak Kepala Sekolah Dr. Sasongko, S.Pd., M.M. memerlukan waktu beberap hari untuk menentukan posisi jabatan ke dalam 4 bidang kerja yakni bidang Akademik, bidang Humas, bidang Sarana dan Prasarana, dan bidang Kesiswaan. Kemungkinan minggu depan akan diumumkan posisi jabatan 4 bidang tersebut.

Wakil kepala sekolah yang terpilih ini akan mulai bekerja sejak awal tahun pelajaran baru yakni 2022/2023 dengan periode kerja salama dua tahun.

Semoga dengan terpilihnya para calon wakil kepala sekolah ini akan menjadikan SMAN 10 Malang semakin maju, tumbuh dan berkembang dengan semangat “Learn Today, Lead Tomorrow, Be The Best!”. (red)

Pemilihan Calon Wakil Kepala Sekolah 2022 – 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published.