(14/05) Setelah dua tahun lamanya SMA Negeri 10 Malang ini tidak mengadakan acara pelepasan peserta didik dikarenakan Pandemi Covid-19 masih mengancam di Indonesia bahkan di seluruh penjuru dunia. Tentunya banyak persiapan yang di lakukan oleh panitia dan karyawan sekolah untuk menyambut acara wisuda purnawiyata angkatan ke-21 SMA Negeri 10 Malang Tahun ajaran 2021/2022. Sehingga acara tersebut sangat meriah. Lalu bagaimana kah suasana acara purnawiyata tersebut?  Let’s chek it out!.

SMA Negeri 10 Malang telah menyelenggarakan acara pelepasan siswa/siswi kelas XII tahun ajaran 2021/2022 sebagai peresmian tanda berakhirnya studi di jenjang SMA. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu,14 Mei 2022. Kegiatan pelepasan murid-murid kelas XII ini dilakukan secara bersesi. Dengan sesi pertama diisi oleh peserta purnawiyata dari kelas IPS dan Bahasa, sementara sesi kedua oleh 5 kelas dari jurusan IPA. Sesi pertama dilaksanakan pada pukul 07.55 WIB dan pada sesi kedua dilaksanakan pada pukul 12.30 WIB.

Acara Purnawiyata SMA Negeri 10 Malang tahun 2022 ini acara yang dihadiri oleh panitia, wisudawan-wisudawati, dan beberapa tamu undangan seperti wali murid juga lainnya. Wisudawan-wisudawati kelas XII tampak hadir mengenakan kebaya yang indah untuk wisudawati, dan kemeja putih dengan bawahan celana hitam disertai dasi hitam yang selaras untuk wisudawan. Tak lupa juga para wisudawati membubuhkan riasandiatas wajah mereka agar tampak cantik saat prosesi wisuda. Wali murid yang hadir juga tak kalah mengesankan dari para wisudawan dengan mayoritas mengenakan batik.

Para wisudawan memasukki ruangan disambut oleh suara merdu tim paduan suara. Kemudian berjalan menempati tempat duduk masing-masing. Para wali murid yang mendampingi diarahkan oleh tim pemandu untuk duduk di kursi bagian belakang.  Suara pertama dari pembawa acara terdengar menandakan dimulainya kegiatan purnawiayata.

Kursi bagian depan diisi oleh wisudawan urut kelas dimulai dari kelas XII IPS 1 hingga XII Bahasa, dan di bagian belakang diduduki oleh para staff dewan guru dan wali murid. Acara ini dipandu oleh dua orang pembawa acara utama oleh murid kelas XI, dan 2 orang pembawa acara lagi untuk pembacaan prosesi nama siswa saat maju kedepan panggung. Acara dimulai dengan nyanyian pembuka dari Satradhisa Youth Choir yang disusul dengan sambutan oleh pembawa acara dan doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Rahmat selaku guru mata pelajaran agama.

Kemudian dilanjutkan dengan devile bendera kelas yaitu dengan pembawaan bendera kelas-kelas oleh tim paskibra SMAN 10 Malang disertai penyebutan nama dari kelas XII secara berurutan.  Dimulai dari kelas XII IPS 1 dan diakhiri oleh XII Bahasa pada sesi pertama. Begitu juga pada sesi kedua disebutkan kelas XII MIPA secara urut  sambil diiringi lagu rayuan pulau kelapa oleh tim paduan suara.

Setelah prosesi tersebut pembawa acara meminta hadirin berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Para hadirin serentak berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara khidmat. Setelahnya para hadirin dipersilahkan duduk kembali, acara dilanjut dengan penampilan tari sorote litang yang dibawakan oleh para siswi dari kelas 10. Penari mengenakan baju tradisonal bernuansa warna hijau dengan pinggiran kain yang berwarna emas.  Penampilan ini sukses  membuat para penonton takjub.

Purnawiyata 2022

Setelah unjuk bakat yang ditampilkan para penari, tibalah waktunya untuk Satradhisa Youth Choir menampilkan.

Setelah disuguhi beberapa penampilan, Bapak Setiawan selaku ketua komite dan kepala sekolah SMAN 10 Malang yaitu Bapak Sasongko memberikan sambutan.

Selanjutnya adalah pembacaan surat keputusan kelulusan dan wisudawan berprestasi. Lulusan terbaik tahun 2021/2022 dipersilahkan menuju panggung dan didampingi para wali murid.

Kemudian, acara mencapai puncak kketika wisudawan satu persatu dipanggil namanya untuk naik ke panggung, lalu berjabat tangan dengan Bapak Sasongko sambil berfoto menghadapkan diri pada kamera sambil diiringi lagu Gaudeamus Igitur  dan Tanah Air Ku oleh tim paduan suara. Di bawah panggung dapat ditemui panitia untuk menyemprotkan handsanitizer demi menjaga protokol kesehatan. Prosesi ini dilakukan secara berurutan berdasarkan kelas dan absen. Mulai dari kelas XII IPS 1 hingga kelas XII Bahasa pada sesi pertama dan sesi kedua diawali dengan kelas XII MIPA 1 diakhiri kelas XII MIPA 5.

Dilanjutkan dengan tim paduan suara untuk menutup puncak acara. Kegiatan setelahnya adalah pidato dari salah satu perwakilan peserta purnawiyata. Seorang wali murid dari siswi XII IPS 2, Balqis Ayu, juga turut memberikan pidato penutup sebelum Purnawiyata 2022 berakhir.

Diakhir acara ditutup dengan persembahan salah satu wisudawati untuk membawakan lagu berjudul “Proud of you”.

Setelah ditutup oleh kedua pembawa acara, selanjutnya adalah prosesi foto bersama masing-masing kelas dengan wali kelas.

Rangkaian acara Purnawiyata  pun telah selesai dilaksanakan dengan lancar. Semoga wisudawan dan wisudawati SMA Negeri 10 Malang pada Purnawiyata tahun ini dapat lebih sukses kedepannya. Happy Graduation!. (njm/eba/dis)

Purnawiyata Angkatan ke-21 Tahun 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.