SOCIAL JUSTICE YOUTH CAMP 2013
MENEMPA KEPEKAAN MULTIKULTURAL

Indonesia Social Justice Network (ISJN) yang beranggotakan para alumni dari International Fellowships Program chapter Yogjakarta mengadakan kegiatan sosial berupa camp untuk para pelajar SMA/SMK/MA dan sederajat se-Pulau Jawa dan Madura.  Camp kali ini adalah yang ke-2 kalinya dengan mengangkat tema “menempa kepekaan multikultur kaum muda”.

Sebagai seleksi untuk mengikuti kegiatan ini, karena hanya dipilih 20 peserta dari seluruh applicant di Pulau Jawa dan Madura, panitia mengadakan seleksi melalui esai. Esai yang dikirimkan calon peserta berisikan tentang pengalaman dan pemahaman tentang multikultural dan harapan mengikuti kegiatan ini.

SJYC-2013

Setelah terpilih 20 peserta dengan esai terbaik, pelaksanaan kegiatan camp dilaksanakan pada 27-29 Desember 2013. Dari SMAN 10 Malang terdapat empat peserta yang lolos untuk mengikuti kegiatan, yaitu Anis Wulandari, M. Arief Wicaksono, Ni Luh P, dan Syahrul Findi. Berangkat dari Malang pada tanggal 26 Desember 2013 pukul 21.00 WIB dan tiba di lokasi pada 27 Desember 2013 pukul 10.00 WIB.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini terdiri dari materi, games, ekskursi, dan evaluasi. Hari pertama (27/12) adalah sesi perkenalan diri kepada teman-teman lain dan pemahaman terhadap diri sendiri. Hari kedua (28/12) adalah materi tentang konflik dan mediasi serta pada malam harinya terdapat cultural night, yaitu dimana maisng-maisng peserta menampilkan sebuah penampilan yang telah dipersiapkan sebelumnya, seperti menari, menyanyi, berpuisi, dan lain sebagainya. Sedangkan di hari terakhir (29/12) diadakan ekskursi ke Taman Sari dan Museum Kereta Kencana Keraton Jogjakarta serta ditutup dengan evaluasi.

Foto-Bersama

Seluruh rangkaian kegiatan ini melibatkan beberapa pihak, yaitu pihak ISJN sendiri yang terdiri dari fasilitator atau pemateri. Mereka adalah penerima beasiswa di luar negeri melalui IFP. Kemudian juga terdapat pihak dari Desa Pandes sebagai penyedia sarana dan prasarana. Serta juga panitia datri alumni SJYC 2012 sebagai asistan fasilitator. Peserta dari SMAN 10 Malang kembali ke Malang pada 30 Desember 2013 jam 20.00 WIB dengan menggunakan travel kembali.(wicak)

 

SJYC 2013
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *