MDG’s Award dan Young Change Maker 2011

Senin, 30 Januari 2011 salah satu siswa SMAN 10 Malang mengikuti acara Ashoka Indonesia  2011 (Young Change Maker) yang bertepatan dengan acara MDGs 2011 (Millenium Development Goals).   SMAN 10 Malang kali ini mengirimkan 1 perwakilan yang berhasil lolos sampai ke tahap Nasional dengan mengangkat isu lingkungan yaitu Pasoari Widiastuti XI IPS 2.

Acara ini berlangsung pada tanggal 30 Januari 2012 – 4 Februari 2012 yang di laksanakan di Pasific Place, Jakarta Selatan. Pada hari pertama dan kedua para peserta mengikuti workshop MDG’s yang kemudian di lanjutkan untuk mengunjungi Boehringer Ingeilheim yang bertempat di  Bogor. Untuk dua hari berikutnya, acara adalah orientasi untuk anggota Ashoka 2011 yang dilaksanakan di Kantor Transparansi Internasional.

Acara pertama adalah MDG’s dari Utusan Khusus Presiden untuk Millenium Development Goals (MDGs) menggagas Festival Millenium Development Goals 2012 pada akhir Januari 2012. Festival MDGs 2012 adalah ajang dialog kreatif antarpihak untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam upaya menemukan terobosan untuk percepatan capaian MDGs di Indonesia. Festival MDGs akan menjadi forum tahunan bagi para inovator publik di bidang pembangunan, khususnya dalam mengentaskan kemiskinan dan kelaparan, mewujudkan pendidikan dasar bagi semua, mendorong keadilan gender dan pemberdayaan perempuan, menurunkan angka kematian anak, meningkatakan kesehatan ibu, memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya, memastikan keberlanjutan lingkungan hidup dan membangun kemitraan global untuk pembangunan.

Ashoka merupakan asosiasi kewirausahaan sosial global yang menaungi para wirausahawan sosial di 70 negara. Melalui program Ashoka Young Changemakers, Ashoka membuka pintu kesempatan bagi masyarakat untuk memberi dukungan kepada kaum muda yang berkeinginan membawa perubahan positif di tingkat masyarakat. Program ini juga memberikan peluang untuk meningkatkan kemampuan dan keyakinan pada anak muda untuk dapat terus membawa perubahan sosial di masyarakat. Jika hal ini terus bergulir, diharapkan dapat menjadi dasar gerakan kaum muda memimpin pembaharuan di Indonesia dan dunia.

Pada tahun 2011, Ashoka, melalui programnya Young Changemakers telah mengidentifikasi lebih dari 100 anak yang memiliki ide sosial. Tahun ini, Young Change Makers yang terpilih berjumlah 25 orang dan akan diperkenalkan pada masyarakat untuk menginspirasi bahwa “setiap orang adalah pembawa perubahan” . Melalui momen ini, Ashoka memfasilitasi para Young Changemakres untuk menunjukkan gagasan sosial mereka yang telah menghasilkan daya dobrak perubahan bagi masyarakat.

Orientasi ini berlangsung sangat meriah yang juga bekerja sama dengan banyak pihak. Seluruh peserta diperkenalkan dengan club SPEAK (Suara Pemuda Anti Korupsi) serta Bike to work yang juga merupakan fellow Ashoka Indonesia. kami mendapatkan banyak relasi dari dua acara tersebut. Hal ini sangat mendukung kami untuk terus mengembangkan diri dalam rangka pengabdian untuk negeri.

Pasific Place menjadi tempat pilihan untuk malam penganugrahan yang tepatnya berada di @America. Malam penganugrahan ini mengundang beberapa artis metropolitan di anatranya adalah Pangeran Siahaan (Stand up Comedian), Indobeatbox, Anton (Jamaica Cafe). Acara berakhir pada pukul 20.00 malam dan dilanjutkan dengan makan malam di salah satu rumah makan yang terletak di Pasifik Place dan acara berakhir diiringi dengan kembali ke Tendean residance. Chek out dilaksanakan keesokan harinya pada tanggal 4 Januari 2012.Acara yang berlangsung selama 5 hari ini memberikan palajaran yang begutu banyak. Diharapkan agar para pemuda dapat selalu berpartisipasi aktif sebagai pemuda Indonesia yang peduli dengan bangsanya.Learn today, Lead tomorrow.(Paw)

MDG’s Award dan Young Change Maker 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *